Selasa, 13 Oktober 2009

Saat Kita Semakin Menua


Kita pasti menua. Semua orang akan mengalaminya, karena ini merupakan proses biologis. Meskipun proses menua pasti akan dialami oleh manusia,kita tidak punya andil dalam proses penuaan kita, sebab hal ini sudah terjadi dengan sendirinya.

Usia manusia dewasa ini semakin pendek, tidak seperti zaman para nabi yang usianya hingga ratusan tahun, Di zaman modern sekarang ini memang ada manusia yang usianya mencapai lebih dari 100 tahun, namun jumlahnya terbatas.

Karena dalam pertambahan usia, manusia tidak punya andil maka ada pandangan yang mengatakan mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang yang usianya bertambah tidaklah tepat, sebab pertambahan usia datang dengan sendirinya. Tanpa harus berprestasi siapapun dia, usianya pasti bertambah.

Kita pasti menua. Namun dengan bertambahnya usia tidak otomatis kita menjadi manusia dewasa. Untuk menjadi dewasa diperlukan sebuah perjuangan. Oleh sebab itu kita punya andil dalam proses menjadi dewasa, sebab dewasa adalah pilihan. Usia kita secara fisik bertambah, namun kita diberi kebebasan untuk memilih, menjadi dewasa seiring bertambahnya usia atau mau tetap menjadi anak-anak.

Persoalannya bagaimana kita mengetahui bahwa diri kita telah menjadi dewasa atau masih anak-anak? Ciri manusia yang belum dewasa adalah apabila dia selalu menunjuk keluar dari dirinya atau tertuju kepada orang lain. Seperti halnya anak-anak, jika mereka berbuat salah selalu berusaha menyalahkan orang lain.

Jika kita bermental seperti anak-anak, maka sebenarnya kita tidak berdaya atas diri kita sebab kita terlalu dikuasai oleh pihak luar. Tanpa kita sadari ketika kita menunjuk orang lain manakala kita berbuat salah, maka ketergantungan kita kepada orang lain menjadi besar. Padahal karakter seorang dewasa adalah apabila dia bisa menunjuk dirinya sendiri jika berbuat salah, dan tidak melempar kesalahan itu kepada orang lain.

Oke sobat... marilah kita renungkan apakah anda telah dewasa seiring dengan pertambahan usia anda yang pada akhirnya anda pasti menua? Sebab kedewasaan tidak diukur dari umur, tetapi dari penerimaan tanggung jawab.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda